Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya – Rumah Allah SWT selalu dipadati jamaah dan pengunjung yang sekedar ingin melihat kemegahannya. Sejumlah tokoh nasional pernah melaksanakan salat di Masjid Al Akbar, seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Amien Rais, Hidayat Nur Wahid, Muhammad M Nuh, dan tokoh penting lainnya.Hal ini menunjukkan betapa Masjid Al Akbar menempati posisi penting di kota Surabaya.

Detailnya, panjangnya mencapai 147 meter dan lebar 128 meter. Di luar ruang utama yang digunakan sebagai tempat ibadah, bagian atas Masjid Al Akbar memiliki kubah besar yang ditopang oleh empat kubah kecil berbentuk limas, serta menara multifungsi yang utamanya digunakan sebagai pemancar suara untuk panggilan untuk berdoa.Kubah megah Masjid Al Akbar, meniru Masjid Agung Selangor di Syah Alam Malaysia.

Bentuk ini bertumpu pada bentuk limas terpotong dua lapis dengan tinggi kurang lebih 11 meter dengan bentang tumpuan atau diameter 54 × 54 meter. Sedangkan untuk menjawab tantangan jamaah agar sholat di Masjid Al Akbar semakin menyenangkan, maka dirancanglah lantai yang berkualitas dan tahan lama.Oleh karena itu, pemilihan material untuk lantai, baik dari segi warna, kualitas, maupun harga dipertimbangkan dengan cermat dan cermat selama konstruksi.

Selain harga bersaing, kualitasnya sangat bagus. Dari situ sejuk, tentram, warna kalem, dan nyaman dihadirkan, ”kata Helmy. Kemegahan dan kemegahan Masjid Al Akbar terlihat dari perpaduan berbagai ukiran, kaligrafi, dekorasi kaca patri, pemilihan warna dan material lantai, serta kombinasi warna yang senada pada setiap dindingnya. Elemen interior dan eksterior berupa ukiran dan kaligrafi menjadi ciri khas masjid-masjid besar di seluruh dunia.

Selain itu, berbagai corak ukiran dan kaligrafi juga ditemukan di seluruh bagian bangunan. Ini mencakup 45 pintu masuk utama ke bangunan masjid yang diukir dan terbuat dari kayu jati. Menurut Helmy, semua ornamen dan kaligrafi yang ada merupakan wujud ekspresi kebesaran Allah SWT. Di beberapa bagian masjid lainnya juga dihiasi dengan kaca patri yang sangat menawan yang dikerjakan dengan teknologi tinggi. Masjid Al Akbar didesain dengan sentuhan warna yang elegan sehingga mampu menghadirkan kesejukan.

Begitulah keindahan Masjid Al Akbar Surabaya yang cocok untuk dijadikan wisata religi. Selain masjid-masjid yang dibangun dengan megah, banyak juga masjid-masjid di pelosok Indonesia yang tidak terawat dan kurang layak. Untuk membantu warga muslim yang bertempat tinggal dipedesaan maupun pelosok-pelosok, kita bisa menggalang dana untuk membangun atau merenovasi agar layak untuk dijadikan tempat beribadah. Jika anda tertarik menyumbangkan sedikit rezeki anda untuk pembangunan masjid pedesaan, anda bisa langsung mengunjungi situs https://masjidpedesaan.or.id yang membantu mengumpulkan dana untuk pembangunan masjid-masjid dipedesaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *